Variable yang ada di di bahasa C

Variable

Variabel merupakan suatu pengenal (identifier) yang digunakan oleh kita untuk mewakili suatu nilai/data tertentu di dalam sebuah proses program. Berbeda halnya dengan konstanta yang nilainya tidak berubah/tetap, nilai dari suatu variable bisa diubah-ubah sesuai yang di butuhkan oleh kita. Nama dari sebuah variable dapat ditentukan sendiri oleh kita sendiri atau brainware dengan menggunakan aturan sebagai berikut :
1.Tidak boleh menggunakan spasi dan digantikan oleh underscore atau biasa kita sebut garis bawah ("_").
2.Tidak boleh menggunakan simbol-simbol khusus, kecuali garis bawah/underscore ("_"). Yang termasuk symbol khusus yang tidak diperbolehkan antara lain : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, = dsb.
3.Panjangnya dari sebuah karakter bebas, tetapi hanya 32 karakter pertama yang terpakai.
4.Terdiri dari gabungan beberapa huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. Bahasa C bersifat case-sensitive artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Jadi antara hak, HAK dan Hak akan dianggap berbeda.
Contoh penamaan variabel yang benar : NIM, a, x, nama_ssw, ffff, f4, nilai, haq, dsb. Contoh penamaan variable yang salah : %nilai_mahasiswa, 80 mahasiswa, rata-rata, menggunakan spasi, penting!.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Deklarasi di pemrograman bahasa C

Pengertian Kata Candang & Komentar Program Di Pemrograman Bahasa C

Struktur Kondisi "SWITCH....CASE.....DEFAULT" di Pemrograman Bahasa C